Rabu, 17 Oktober 2012

jaringan komputer


JARINGAN KOMPUTER
 1.Manfaat yang didapat dalam membangun jaringan komputer, yaitu :
1. Sharing resources
Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
2. Media Komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.
3. Integrasi Data
Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.

4. Pengembangan dan Pemeliharaan
Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama. Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat.
5. Keamanan Data
Sistem Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.
6. Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini
Sumber:http://prima.kurniawan.students-blog.undip.ac.id/2009/07/13/pengertian-jaringan-komputer-dan-manfaatnya/ 
2.Menurut fungsinya, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi:
  • Jaringan peer-to-peer (P2P) atau point-to-point
Kedudukan setiap komputer yang terhubung dalam jaringan adalah sama. Tidak ada komputer yang menjadi pelayan utama (server). Sehingga semua komputer dalam jaringan dapat saling berkomunikasi dan berbagi penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak.
[pear-to-peer.JPG]Gambar 1Ilustrasi jaringan peer-to-peer
  • Jaringan client-server
Pada jaringan client-server terdapat sebuah komputer yang mengatur semua fasilitas yang tersedia dalam jaringan komputer, seperti komunikasi, penggunaan bersama perangkat keras dan perangkat lunak serta mengontrol jaringan. Komputer ini dinamakan server. Semua komputer lain selain server disebut client.
[client-server.JPG]Gambar 2 Ilustrasi jaringan client-server
  • opologi Jaringan Komputer
Topologi merupakan diagram yang mewakili cara komputer terhubung dalam jaringan. Terdapat bermacam-macam topologi di dalam teori jaringan komputer, namun dalam pembahasan ini hanya dibahas empat macam, yaitu:
  • Topologi Bus
Seluruh komputer dalam jaringan terhubung dalam sebuah bus atau jalur komunikasi data utama/ backbone (berupa kabel). Komputer dalam jaringan berkomunikasi dengan cara mengirim dan mengambil data melalui bus Macam-macam Jaringan Komputer 4
Server
[bus.JPG]Gambar 3 Topologi Bus
Kelebihan:
-          hemat kabel
-          mudah dikembangkan
-          tidak membutuhkan kendali pusat
-          layout kabel sederhana
-          penambahan dan pengurangan terminal dapat dilakukan tanpa mengganggu operasi yang berjalan.
Kelemahan:
-          deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
-          kepadatan lalu lintas tinggi
-          keamanan data kurang terjamin
-          kecepatan akan menurun bila jumlah user (pemakai) bertambah
-          diperlukan repeater untuk jarak jauh
  • Topologi Ring
Sesuai dengan namanya, ring atau cincin, seluruh komputer dalam jaringan terhubung pada sebuah jalur data yang menghubungkan komputer satu dengan lainnya secara sambung-menyambung sedemikian rupa sehingga menyerupai sebuah cincin. Topologi ini mirip dengan hubungan seri pada rangkaian listrik, dengan kedua ujung dihubungkan kembali, sehingga jika salah satu komputer mengalami gangguan, maka hal itu akan mempengaruhi keseluruhan jaringan. Dalam sistem jaringan ini, data dikirim secara berkeliling sepanjang jaringan (ring). Setiap komputer yang ingin mengirimkan data ke komputer lain harus melalui ring ini.
[ring.JPG]Gambar 4 Topologi Ring
Kelebihan:
-          hemat kabel
-          tidak perlu penanganan bundel kabel khusus’
-          dapat melayani lalu lintas data yang padat
Kelemahan:
-          peka kesalahan
-          pengembangan jaringan lebih kaku
-          lambat
-          kerusakan pada media pengirim/ terminal dapat melumpuhkan kerja seluruh jaringan

  • Topologi Mesh
Topologi ini sering disebut “pure peer-to-peer”, sebab merupakan implementasi suatu jaringan komputer yang menghubungkan seluruh komputer secara langsung. Saat ini sangat jarang digunakan sebab rumit dan tidak praktis, topologi mesh ditunjukkan dalam Gambar 5

[mesh.JPG] 5 Topologi Mesh
  • Topologi Star
Dalam topologi ini masing-masing komputer dalam jaringan dihubungkan ke sebuah konsentrator dengan menggunakan jalur yang berbeda-beda, sehingga jika salah satu komputer mengalami gangguan, jaringan tidak akan terpengaruh. Komunikasi di dalam jaringan diatur oleh konsentrator, berupa hub maupun switch. Gambar topologi star ditunjukkan pada Gambar 6
[star.JPG]Gambar 6 Topologi Star
Kelebihan:
-          paling fleksibel karena pemasangan kabel mudah
-   penambahan atau pengurangan terminal sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan yang lain
-          kontrol terpusat sehingga memudahkan dalam deteksi dan isolasi kesalahan serta memudahkan pengelolaan jaringan
Kelemahan:
-          boros kabel
-          kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis
-          perlu penanganan khusus bundel kabel

Sumber:http://blog.uad.ac.id/pujiantoro/2011/04/08/kelebihan-dan-kekurangan-topologi-jaringan-komputer/
.

3.Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jarak

Jaringan adalah hubungan dua buah komputer atau lebih dan diantara-nya terjadi interaksi komunikasi.

Jenis-jenis jaringan :
1) Local Area Network (LAN)
Merupakan jaringan milik pribadi yang jangkauannya hanya sampai beberapa kilometer.  LAN biasanya dibuat atau digunakan untuk menghubungkan komputer dalam sebuah gedung (kantor).
2) Metropolitan Area Network (MAN)
Merupakan jaringan umum yang jangkauannya cukup besar. MAN dapat membuat jaringan komputer antar gedung. MAN juga mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel
3) Wide Area Network (WAN)
Merupakan jangkauan umum yang cakupannya lebih luas daripada MAN. Jaringan yang dibentuk WAN ini dapat mencakup sebuah Negara bahkan benua.
4) Internet
Merupakan kumpulan jaringan yang terinterkoneksi. Internet merupakan pengembangan jaringan , yang dibuat untuk memudahkan komunikasi setiap orang yang berjauhan keberadaannya.
5)  Wireless
Merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Saat ini wireless sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit ataupun sebuah tower pemancar internet.

Sumber :  http://febrialams.wordpress.com/2010/06/06/jenis-jaringan-komputer-berdasarkan-jarak/   




Tidak ada komentar:

Posting Komentar